PT BKL Garap Batubara di Musi Rawas

Senin, 15 Februari 2010

MUSI RAWAS-Potensi pertambangan batubara di Kabupaten Musi Rawas (Mura) menjadi salah satu sektor yang cukup diandalkan. Salah satu investor tertarik menggarap batubara di Mura adalah PT Banyan Koalindo Lestari (BKL) sudah memasuki tahapan eksplorasi detail.

Menurut Direktur PT BKL, Lukas Djarot Judyantoko, perusahaan yang dipimpinnya memiliki Kuasa Pertambangan (KP) eksplorasi seluas 10.980 hektar (ha) dengan di Kecamatan Rawas Ilir. ‘’Kehadiran perusahaan pertambangan di Mura memiliki tujuan untuk memenuhi kebijakan diversifikasi energi nasional, memanfaatkan batubara peringkat rendah, dan memacu perkembangan serta mendukung perwujudan Provinsi Sumsel sebagai lumbung energi nasional,’’ jelas Lukas.

Ia menambahkan, kehadiran PT BKL di Mura tidak terlepas dari potensi yang dimiliki daerah, karena kita juga untuk membantu pertumbuhan ekonomi daerah Mura.

Terpisah, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Mura, Usman Mustafa mengatakan, bagi perusahaan tertentu salah satunya perusahaan bergerak di sektor pertambangan maka sesuai dengan UU No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Kemudian PP No 27 Tahun 1999 tentang AMDAL. Dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No 11 Tahun 2006 tentang Jenis Usaha atau kegiatan yang wajib dilengkapi dengan AMDAL. PT Banyan Koalindo Lestari ini bergerak dibidang pertambangan wajib dilengkapi dengan dokumen AMDAL.
Sementara itu, Sapron (37), salah seorang warga Kecamatan Rawas Ilir minta hendaknya pengelolaan hasil bumi di wilayah mereka mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar tambang. Namun, seperti yang terjadi selama ini kehadiran perusahaan tambang tidak memberikan kontribusi bagi masyarakat.

“Kita lihat seperti pertambangan minyak yang ada di daerah ini walaupun telah beroperasi, namun tidak ada yang melibatkan masyarakat setempat sebagai salah satu karyawan hal ini patut menjadi perhatian pemerintah, bagaimana agar setiap perusahaan yang menanamkan investasinya dapat melibatkan warga setempat,” katanya.
Ia minta agar setiap perusahaan yang ingin mengelola hasil bumi di Kabupaten Mura semestinya ada perjanjian khusus mengenai ketenagakerjaan.(11)

0 komentar

Poskan Komentar

SMS PEMBACA

HONOR
081278784851---kritik/saran Yth bpk bupati musi rawas tlg pikir kan nasib kami yang tela lama honorer di sd sampai puluan thn tks atas perhatian nya

Rombak
085269619904 : Bpti & bawasda srta tmn wrtwn sklian tlng sgra adkan perombakan d dsnkrtrns kpla dnas tdk bs d andalkn. Skrtrs smkn rakus mnguasai keg APBD brsma antek2nya.

Bantuan Banjir
081367428884 : Yth, Bpk. Bupati MURA. Kami masy. Desa Semeteh mengeluh atas bantuan banjir yg diberikan oleh kades katanya bantuan dr Golkar berupa beras bulog yg

Rombak Lagi
085267496378 : Bpti & bawasda, tlng phk lain yg trkait sgra adkan perombakan d dsnkrtrns krn kplany tdk bs d andalkn, skrtris smkn rakus mnguasai APBD 2010 brsmaa. (*)

    ARSIP BERITA