Image Hosting

* Terkendala Aliran Listrik
MUARA BELITI–Pelayanan PDAM Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas (Mura), kepada pelanggan hingga kini belum optimal. Penyebabnya tak lain belum adanya aliran listrik terpasang di pusat pengolahan instalasi air bersih tersebut.

“Hingga sekarang operasional PDAM Muara Beliti masih mengandalkan genset, dimana dalam setiap hari menghabiskan 180 liter solar. Karena terbatas dana operasional PDAM Muara Beliti maka tidak bisa hidup setiap hari melainkan sehari hidup sehari mati,” kata staf PDAM Muara Beliti, Subandi kepada koran ini, Kamis (4/3).
Subandi menyatakan bahwa saat ini pelanggan ada di daerah tersebut baru 220 pelanggan. Dimana sebagian besar merupakan warga yang tinggal di Kelurahan Pasar Muara Beliti, dan kompleks perkantoran Agropolitan Centre.

Selain itu PDAM yang dibangun pada 2009 juga diandalkan untuk menyuplai kebutuhan air bersih pada pelaksanaan MTQ Provinsi Sumatera Selatan XXIV akan berlangsung April 2010 mendatang.

Masih kata Subandi, PDAM Muara Beliti memanfaatkan sumber air dari sungai Beliti dan Kelingi, juga hanya beroperasi pada pagi hari. Saat ini memiliki kapasitas debit air mencapai 60 liter per detik. Dimana per jam operasional membutuhkan pasokan listrik 36.000 Watt jika menggunakan genset membutuhkan 60 liter solar per jam.

“Selain menyuplai kebutuhan air untuk masyarakar, PDAM melakukan penampungan (Grood) yang ada di Dusun Baru menjadi lokasi ibukota Kabupaten Mura sebesar 1.000 kubik setiap 2 hari. Suplai ini menggunakan pompa 60 yang memiliki kekuatan 252 kubik per jam,” papar Subandi sambil menyebutkan, untuk Kelurahan Beliti menggunakan pompa 20.
Kendati saat ini instalasi listrik sudah terpasang di PDAM Muara Beliti, namun operasional pompa masih mengandalkan genset karena listrik belum menyala. Sejauh ini PDAM sudah mengajukan permintaan arus listrik kepada PT PLN Cabang Lahat, melalui PLN Ranting Muara Beliti. “Namun belum ada kejelasan kapan akan dialiri listrik,” ucapnya.

Terpisah, Nely Susyanti (35), warga Kelurahan Pasar Muara Beliti mengatakan bahwa aliran air ledeng di rumahnya sudah beberapa hari tidak mengalir. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih setiap hari maka mereka memanfaatkan sumur. “Kami ingin kedepan pelayanan PDAM dapat ditingkatkan lagi sehingga pelanggan tidak merasa dikecewakan,” harap Nely, kemarin.(11)

0 komentar

Posting Komentar

Image and video hosting by TinyPic

SMS PEMBACA

HONOR
081278784851---kritik/saran Yth bpk bupati musi rawas tlg pikir kan nasib kami yang tela lama honorer di sd sampai puluan thn tks atas perhatian nya

Rombak
085269619904 : Bpti & bawasda srta tmn wrtwn sklian tlng sgra adkan perombakan d dsnkrtrns kpla dnas tdk bs d andalkn. Skrtrs smkn rakus mnguasai keg APBD brsma antek2nya.

Bantuan Banjir
081367428884 : Yth, Bpk. Bupati MURA. Kami masy. Desa Semeteh mengeluh atas bantuan banjir yg diberikan oleh kades katanya bantuan dr Golkar berupa beras bulog yg

Rombak Lagi
085267496378 : Bpti & bawasda, tlng phk lain yg trkait sgra adkan perombakan d dsnkrtrns krn kplany tdk bs d andalkn, skrtris smkn rakus mnguasai APBD 2010 brsmaa. (*)

    ARSIP BERITA