Image Hosting

Satu JCH Mura Meninggal Dunia

Kamis, 30 September 2010

MUARA BELITI- Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Musi Rawas kembali berkurang. Pasalnya satu orang jemaah atas nama Darwis umur , warga Kecamatan Muara Beliti, meninggal dunia karena sakit.
Kini jumlah JCH siap berangkat ke tanah suci seluruhnya mencapai 241 orang untuk musim haji 2010.
PYMT Kemenag Kabupaten Mura, A Kadir membenarkan satu JCH meninggal dunia karena sakit dalam usia 60 tahun. “Selama musim haji 2010 ini baru satu orang yang meninggal dunia,” kata Kadir pada koran ini, kemarin.
Selain itu, ia menyatakan kemarin (29/9) para JCH telah mengikuti manasik haji di Masjid Agung Baru di kawasan Agropolitan Centre Kecamatan Muara Beliti. Kegiatan itu berlangsung selama dua hari 29 September hingga 30 September di Masjid Agung.
Kegiatan manasik ini di buka langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Mura Hendra Gunawan dengan peserta berasal dari seluruh JCH Kabupaten Mura yang telah melunasi BPIH dan mendapat paspor. Rinciannya adalah laki-laki 109 orang dan perempuan 132 orang.
Kadir Menjelaskan manasik haji ini untuk memberikan pemahaman kepada JCH sebelum berangkat ke tanah suci. “Agar nanti mereka tidak merasa kesulitan di tanah suci saat menjalankan ibadah haji,”kata Kadir.
Diteruskanya, nanti para JCH dalam selama dalam pelatihan menerima materi-materi dari pembimbing JCH terdiri pembimbing diantaranya Penjabat Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel, Kemenag Mura, MUI Kabupaten Mura, KBIH dan dari pelatih PNS dan Non PNS yang berpengalaman.
Dikatakanya manasik ini bekerjasama dengan Pemkab dan Kemenag Mura. Untuk pelatihan melanjutkan pelatihan dilaksanakan sebelumnya sebanyak 15 kali pelatihan dengan pelaksana KUA kecamatan sebanyak 11 kali. Kemudian di kabupaten dua kali. “Sekarang yang terakhir di Masjid Agung berlangsung dua kali seluruh JCH digabung se-Kabupaten,” papar Kadir.
Sementara itu Kabag Kesra Setda Mura, Syahidin menjelaskan Pemkab Mura dalam kegiatan pelatihan JCH ini sebagai fasilitator. “Untuk teknisnya dari Kemenag,” kata Syahidin.
Ditambahkanya sebelumnya para JCH sudah melaksanakan pelatihan manasik haji di kecamatan untuk pelatihan yang terakhir ini digabung secara jamaah. “Jadi segala yang dibutuhkan dalam manasik ini Pemkab menjadi fasilitatorn. Setelah pelatihan ini nanti akan dilaksanakan audiensi dengan Wabup,” jelas Syahidin.(05)

0 komentar

Posting Komentar

Image and video hosting by TinyPic

SMS PEMBACA

HONOR
081278784851---kritik/saran Yth bpk bupati musi rawas tlg pikir kan nasib kami yang tela lama honorer di sd sampai puluan thn tks atas perhatian nya

Rombak
085269619904 : Bpti & bawasda srta tmn wrtwn sklian tlng sgra adkan perombakan d dsnkrtrns kpla dnas tdk bs d andalkn. Skrtrs smkn rakus mnguasai keg APBD brsma antek2nya.

Bantuan Banjir
081367428884 : Yth, Bpk. Bupati MURA. Kami masy. Desa Semeteh mengeluh atas bantuan banjir yg diberikan oleh kades katanya bantuan dr Golkar berupa beras bulog yg

Rombak Lagi
085267496378 : Bpti & bawasda, tlng phk lain yg trkait sgra adkan perombakan d dsnkrtrns krn kplany tdk bs d andalkn, skrtris smkn rakus mnguasai APBD 2010 brsmaa. (*)

    ARSIP BERITA