Ujicoba Lima Hari Kerja 4 Oktober

MUSI RAWAS- Sebelumnya wacana ujicoba lima hari kerja dilaksanakan mulai 1 Oktober 2010, tetapi penerapan sistem baru untuk PNS Pemkab Mura ternyata mulai berlaku pada Senin, 4 Oktober 2010.
Kabag Humas Setda Mura, Kgs Effedi Fery melalui Kasubbag Pemberitaan dan Informasi, Imam Subagja menjelaskan pada 4 Oktober 2010 hingga 31 Desember merupakan masa ujicoba penerapan lima hari kerja bagi PNS Pemkab Mura.
“Ujicoba ini sesuai dengan surat keputusan Bupati No 409 /KPTS/III/2010 tentang penetapan hari kerja lingkungan Pemkab Mura. Untuk jumlah jam kerja efektif 37,5 jam per minggunya,” kata Imam Subagja saat diwawancarai wartawan koran ini, Kamis (30/9).
Ditambahkan Imam Subagja, pada masa ujicoba selama tiga bulan di lingkungan Pemkab Mura ini maka setiap kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) wajib melakukan pengawasan melekat terhadap disiplin pegawainya.
Dikatakanya, ketentuan lima hari kerja diantaranya selama masa ujicoba penerapan maka setiap SKPD pada hari Sabtu menunjuk petugas piket dari bagian umum, sekretariat sub tata usaha. “Sehingga masing–masing SKPD dapat memberikan pelayanan dan sosialialisasi kepada masyarakat,” ucap Imam.
Dijelaskannya, pengawasan ini sendiri berasal dari Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) bersama Inspektorat, Sat Pol PP dan Bagian Organisasi Setda Mura.
“Kemudian juga mereka yang melakukan evaluasi terhadap efektifitas termasuk evaluasi serta disiplin efisiensi pegawai untuk pelaksanaan penerapan lima hari kerja ini,” pungkasnya.(05)

MUSI RAWAS- Pemkab Musi Rawas melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kemarin (30/9) mengadakan rapat koordinasi persiapan pemantapan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Aeromodeling dan Mura Internasional Open.
Rapat koordinasi ini dibuka Plt Sekda Mura, Sulaiman Kohar dihadiri Kadispora, Badarudin, dan kepala SKPD. Kepala Dispora Mura, Badarudin menjelaskan rakor ini sebagai persiapan tempat-tempat lokasi untuk Kejurnas Aeromodeling, diantaranya Alun-alun Agropolitan Center (AC), Bundaran AC, dan Bandara Silampari Lubuklinggau
“Untuk pembukaan nanti dibarengi dengan peringatan sumpah pemuda,” kata Badarudin saat diwawancarai wartawan koran ini.
Diteruskan Badarudin, jumlah peserta kejurnas sudah mendaftarkan diri ke panitia mencapai 148 peserta. Serta 15 penambahan dari propinsi dan enam Negara Asean telah menyatakan ikut menjadi peserta, diantaranya Timor Leste Malaysia, Singapura, Filipina, Miyanmar dan Brunai.
“Dalam persiapan ini kita siapkan anggaranya dari APBD, diusahakan dana juga berasal dari donatur yang tidak mengikat,” ungkapnya. Ditanya stan di lokasi acara, ia menyebutkan persiapan stran nanti akan dipersiapkan lagi. “Apakah menggunakan masing-masing tenda atau memakai tenda besar dari Dinsos maupun Disperindagsar yang kita pakai,” jelasnya.
Ia menyebutkan rakor ini dibantu para SKPD lain dengan leading sector dari Dispora. Untuk SKPD seluruhnya diikutkan baik itu dari Diknas, PU Cipta Karya, PU Bina Marga, Disperindagsar, Dinsos dan lain-lain. “Karena ini event besar Kejurnas Aeromodeling Internasional Open,” jelasnya.(05)

Pembangunan Terus Dilanjutkan

MUSI RAWAS- Pembangunan terminal Peti Kemas di kawasan Desa Durian Remuk, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas, bakal dilanjutkan. Menyusul pertemuan antara Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo) dengan Dirjen Perhubungan di Jakarta pada 24 September 2010 lalu.
Dari pertemuan itu ternyata Pemkab Mura sudah mempersiapkan lahan 50 hektar untuk terminal Peti Kemas dengan rencana melakukan pembebasan lahan di sana.
Kadishub Kominfo Kabupaten Mura, Ari Narsa JS kepada koran ini menjelaskan pertemuan dengan Dephub tersebut membahas kesiapan untuk kelanjutan dari pembangunan terminal Peti Kemas.
“Kita sudah membahas Detail Engginering Desain (DED) terminal Peti Kemas termasuk juga pembangunan rel Kereta Api (KA) di lokasi terminal. Sementara lahan yang disiapkan 50 hektar siap dengan pembebasan lahan nantinya,” kata Ari Narsa, Kamis (30/9).
Menurutnya, setelah pertemuan itu nanti tim Dishub Kominfo siap turun ke lapangan guna melihat lokasi terminal Peti Kemas dan rel KA dengan tujuan mengecek kawasan tersebut. “Tim kita segera turun ke sana, dan setelah itu pada Senin 4 Oktober 2010 nanti dinas instansi terkait mulai dari Dinas PU Cipta Karta, Dinas PU Bina Marga, dan Dishub Kominfo turun kembali ke sana untuk melihat rencana pembangunan jembatan dan back cover atau gorong-gorong besar. Kemungkinan jembatan itu selesai dibangun pada tahun 2011 mendatang,” tambah Ari Narsa menyebutkan dana pembangunan jembatan dianggarkan dana Rp 11 Miliar nantinya.
Terpisah, Kepala Bappeda Kabupaten Mura, Suharto Patih kepada koran ini menyatakan pembangunan terminal Peti Kemas telah dibahas pihaknya dengan melakukan review ulang terhadap pembangunan peti kemas tersebut.
“Review ulang sudah kita lakukan sebagai percepatan pembangunan di sana. Sebab sebelumnya kita melakukan tindaklanjut beberapa dokumen dan survei yang kita lakukan agar pengerjaan pembangunan Peti Kemas dapat dilakukan,” papar Suharto Patih didampingi Kabid Infrastruktur, Suhendi. Ia meneruskan pembangunan terminal Peti Kemas ini masuk dalam skala besar Pemkab Mura yaitu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2005-2010. “Dari segi kelengkapan dokumen sudah lengkap mulai dari psibiliti studi sudah selesai serta DED termasuk AMDAL,” katanya, kemarin. Suharto Patih juga membenarkan pihaknya akan melakukan survey ke lokasi terminal Peti Kemas dalam waktu dekat ini.(01)

MUSI RAWAS- Kabupaten Musi Rawas ditunjuk menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Koordinasi Penguruan Tinggi Islam Indonesia (BKPTIS) berlangsung 10 Oktober-11 Oktober 2010. Rakernas ini direncanakan berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Jalan A Yani Kelurahan Puncak Kemuning, Kecamatan Lubuklinggau Utara II.
Persiapan menjelang Rakernas BKPTIS tersebut akan dibahas hari ini (1/10) di Opp Room Pemkab Mura dipimpin Bupati Mura, Ridwan Mukti dihadiri panitia pelaksana dari rakernas. Pada pertemuan akan diadakan hari ini dibicarakan sejumlah hal sebagai persiapan untuk pelaksanaan kejurnas.
Ari Narsa YS, salah seorang panitia persiapan Rakernas dari Pemkab Mura menjelaskan terpilihnya Kabupaten Mura sebagai tempat acara ini dengan sejumlah pertimbangan antara lain Bupati Mura, H Ridwan Mukti sekarang dipercaya sebagai Ketua Alumni Perguruan Tinggi Islam.
Musi Rawas dari hal 9
“Sehingga dengan pertimbangan ini membuat Kabupaten Mura menjadi tuan rumah rakernas. Dan ini suatu kebanggaan untuk kita ditunjuk dengan dijadikan sebagai tempat pelaksanaan rakernas,” paparnya.(01)

MUARA BELITI- Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Mura terus memberikan pembinaan pada Sekretaris Desa (Sekdes) selaku perangkat desa. Pembinaan ini dilakukan agar para Sekdes terus meningkatkan kinerjanya.
Kepala BPMPD Kabupaten Mura, Ali Sadikin mengungkapkan pembinaan ini dilakukan pihaknya sebab secara teknis sekdes bertanggungjawab kepada kades. “Namun sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) secara administrasi bertanggungjawab terhadap camat,” kata Ali Sadikin pada koran ini, Rabu (29/9).
Dijelaskannya, tujuan pembinaan ini agar tugas sekdes dilaksnakan dengan baik. “Jangan sampai timbul kecemburuan sosial dengan Kades sebagai pimpinan desa, dengan tingkah laku Sekdes yang kurang menggubris perintah Kades,” jelas Ali Sadikin.
Dikatakannya, BPMPD akan terus melakukan pantauan langsung ke desa dengan melihat langsung kineja para Sekdes. Ditegaskanya, bagi sekdes yang kurang harmonis kepada kades maka dapat dilaporkan perkembangan kinerjanya ke Bupati melalui BPMPD. “Jika perintah camat tidak dilaksanakan bisa saja diberikan sanksi,” ungkap Ali Sadikin.
Saat ditanya untuk gaji Kades, Ali Sadikin mengatakan anggarannya sudah ada penambahan dari Rp 800 ribu menjadi Rp 1 Juta. “Untuk anggaran gaji Kades kedepan mungkin ada penambahan tetapi disesuaikan dengan kemampuan daerah,” pungkas Ali Sadikin.(05)

SMS PEMBACA

HONOR
081278784851---kritik/saran Yth bpk bupati musi rawas tlg pikir kan nasib kami yang tela lama honorer di sd sampai puluan thn tks atas perhatian nya

Rombak
085269619904 : Bpti & bawasda srta tmn wrtwn sklian tlng sgra adkan perombakan d dsnkrtrns kpla dnas tdk bs d andalkn. Skrtrs smkn rakus mnguasai keg APBD brsma antek2nya.

Bantuan Banjir
081367428884 : Yth, Bpk. Bupati MURA. Kami masy. Desa Semeteh mengeluh atas bantuan banjir yg diberikan oleh kades katanya bantuan dr Golkar berupa beras bulog yg

Rombak Lagi
085267496378 : Bpti & bawasda, tlng phk lain yg trkait sgra adkan perombakan d dsnkrtrns krn kplany tdk bs d andalkn, skrtris smkn rakus mnguasai APBD 2010 brsmaa. (*)

    ARSIP BERITA